Rabu, 03 Desember 2014

Pengertian Prosa Lama dan Prosa Baru

PROSA LAMA
Dongeng
Pengertian
Dongeng adalah cerita-cerita zaman dulu yang berbentuk prosa, yaitu tentang cerita khayal dan penuh keajaiban. Dongeng itu disampaikan dari mulut ke mulut sehingga tidak mengherankan jika kebenaran isinya makin berkurang . Di dalam pembicaraan sehari-hari dalam bahasa inggris dongeng disebut folklore (Sutjipto dalam Zufahnur dkk, 1996:43). Dongeng merupakan suatu ceita fantasi yang kejadiannya tidak benar terjadi. Sebagai folklor, dongemg cerita yang hidup dikalangan masyarakat yang disajikan dengan cara bertutur lisan oleh tukang cerita. Munculnya hampir hampir bersamaan dengan adanya kepercayaan dan kebudayaan suatu bangsa. Bagi manusia, berfungsi sebagai hiburan, kepercayaan yang bersifat didaktik (pengajaran moral dan nasehat bagi kehidupan), dan sumber pengetahuan.
       Menurut Sande (La Ode Taalami, 2008:17), dongeng adalah prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi yang empunya dongeng dan tidak terikat oleh Waktu dan tempat. Ahli lain mengatakan bahwa dongeng adalah cerota lama yang hidup dan berkembang dalam masyarakat lama.
Surana (La Ode Taalami 2008:18) berpendapat bahwa dongeng umumnya merupakan percakapan yang diturunkan atau yang diceritakan kembali dari mulut ke mulut. Ceritanya hanyalah bualan  semata-mata, khayal dan ajaib. Tujuan utama adalah khayalan merupakan penghibur sedih dan pelipur lara. Isinya banyak mengandalkan nasehat serta gammbaran kehidupan masyarakat. 
Ciri-Ciri Dongeng
1.    Menggunakan alur sederhana.
2.    Cerita singkat dan bergerak cepat.
3.    Karakter tokoh tidak diuraikan secara rinci.
4.    Ditulis dengan gaya penceritaan secara lisan.
5.    Terkadang pesan atau tema dituliskan dalam cerita.
6.    Biasanya, pendahuluan sangat singkat dan langsung
Contoh : Dongeng Cinderella


Hikayat
Pengertian
Kata hikayat berasal dari bahasa Arab yang berarti cerita panjang penuh khayalan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (1995), pengertian hikayat adalah prosa karya sastra lama berisi cerita, baik sejarah maupun cerita roman fiktif, yang dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekedar untuk meramaikan pesta. Biasanyacerita hikayat dimulai dengan mengisahkan nenek moyang mereka yang berasal dari dewa-dewa di kayangan. Lukisan peristiwa-peristiwa yang digunakan untuk membangun cerita hikayat sangat dipentingkan, termasuk berkaitan dengan kesaktian-kesaktian sang tokoh dan pengalaman-pengalaman yang menakjubkan sekaligus membahayakan.
Ciri-ciri Hikayat :
  • Termasuk sastra lama berbentuk prosa.
  • Ditulis dalam bahasa dan struktur ejaan Melayu.
  • Sebagian besar ceritanya berkisar dalam kehidupan istana.
  • Unsur rekaan me rupakan ciri yang menonjol.Lazimnya hikayatmencakup bentuk prosa yang panjang.
  • Berisi riwayat atau sejarah raja dan orang suci.
Ciri lain yang cukup menonjol dari cerita hikayat adalah banyaknya anasir asing, seperti Arab dan Hindu, sehingga dalam sebuah hikayat terdapat lukisan kemelayuan, dewa-dewa hindu, dan nabi-nabi Islam.
Contoh : Hikayat Isma Yatim
SEJARAH
Pengertian
Sejarah atau history berasal dari bahasa Yunani yaitu 'hisotira' yang berarti penyelidikan atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yang mendalam.Hal tersebut menunjukan bawah penkajian sejarah sepenuhnya bergantung pada penyelidikan yang mendalam terhadap perkara atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampu.
Kata sejarah itu sendiri berasal dari bahasa Arab 'syajaratun' yang berarti pohon kayu yang bercabang-cabang. Pohon kayu yang bercabang-cabang diibaratkan sebagai sejarah karena sejarah berkembang dari satu titik kejadian bercabang ke titik kejadian yang lain yang saling berhubungan. Pohon yang bercabang-cabang juga diibaratkan sebagai suatu silsilah keturunan dari suatu individu, raja atau orang-orang penting pada masa lampau.
Pengeritan sejarah secara sempit adalah kejadian atau peristiwa. Sedangkan dalam arti luas, sejarah merupakan suatu peristiwa manusiawi yang mempunyai akarnya dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. Sejarah juga biasa didefinisikan sebagai suatu studi tentang masa lampau. Sejarah merupakan studi tentang sebab dan akibat. Dalam sejarah, suatu peristiwa akan menjadi bermakna jika mereka mengetahui mengapa hal itu terjadi.
Ciri-ciri Sejarah
·        Fakta sejarah merujuk kepada peristiwa, tempat, tokoh, dan tarikh.
·        Fakta sejarah hendaklah benar, yaitu dapat dibuktikan kesasihannya dan tidak direka cipta.
·        Fakta sejarah hendaklah tepat, yaitu tidak ditokok tambah .
·        Fakta-fakta sesuatu peristiwa sejarah perlu dapat dipertanggungjawabkan.
Contoh Sejarah : Sejarah Perang Dunia
Epos
Pengertian
Cerita pahlawan yang dapat menjadi cermin bagi suatu bangsa. Ceritanya diambil dari rakyat dahulu kala, melukiskan kehidupan seseorang yang besar jasanya dan masyhur serta penting artinya bagi sejarah zaman.
Ciri-ciri Epos

Contoh Epos : Mahabarata oleh Wiyasa dan Ramayana oleh Walmiki.
Cerita Pelipur Lara
Pengertian
Yang dipentingkan dalam kisah cerita pelipur lara adalah adegan-adegan dan pemakaian kata-kata yang indah dan menarik agar dapat membawa perhatian dan pendengarannya ke alam khayal. Oleh karena itu jalan ceritanya kurang dipentingkan.
Ciri-ciri Cerita Pelipur Lara
1.      Selalu ada lukisan yang indah dan berulang-ulang.
2.      Kaya dengan fantas, misalnya bidadari dari khayangan.
3.      Pertemuan antara pria dan wanita selalu dengan tokoh perantara yang diberi nama: Nenek Kebayan, Bujang Selamat, si Berkat, si Kembang Manik, atau si Kembang Jinak.
Contoh Cerita Pelipur Lara : Hikayat Raja Ambon

PROSA BARU

Cerpen
Pengertian
Cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis.
Ciri-ciri Cerpen
1.     Mempunyai kesatuan bentuk yang utuh.
2.     Mempunyai jalinan plot yang tunggal, meninggalkan bahagian ataupun sub cerita yang tidak penting.
3.     Menghidangkan cerita ataupun kisah yang tidak berlebihan dengan bahasa yang terkawal. Tajam dari segi gambarannya, halus dari segi pemerian bahasanya, dan serba indah.
4.     Mempunyai jumlah watak yang minima, tidak terlalu ramai agar jalan cerita yang hendak disampaikan lebih lancar dan tidak bercelaru.
5.     Mempunyai latar bersesuaian, menarik, serba indah, tetapi tidak janggal ataupun tidak berlebihan.
6.     Mempunyai mesej.
Contoh Cerpen : Ku Kira Itu Cinta

Novel
Pengertian
Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti "sebuah kisah atau sepotong berita".
Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikalsandiwara atau sajak. Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut.
Ciri-ciri Novel
1.        Ditulis dengan gaya narasi, yang terkadang dicampur deskripsi untuk menggambarkan suasana;
2.       Bersifat realistis, artinya merupakan tanggapan pengarang terhadap situasi lingkungannya;
3.      Bentuknya lebih panjang, biasanya lebih dari 10.000 kata; dan
4.      Alur ceritanya cukup kompleks.
Contoh Novel : Perahu Kertas

Biografi
Pengertian
Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga.
Ciri-ciri Biografi
1.      Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual) dalam bentuk narasi.
  1. Faktualnya berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang patut diteladani.
Contoh Biografi : Biografi Drs. H. Mohammad Hatta




Otobiografi
Pengertian
Autobiografi atau otobiografi adalah suatu tulisan yang ditulis dari subjeknya sendiri atau dapat dikatakan menulis biografi sendiri.Autobiografi menulis riwayat dirinya sendiri berdasarkan pengalaman yang dilewatinya / ingatan pengarang .Autobiografi biasanya lebih mengandalakan dokumen sebagai referensi tulisannya dan berbagai sudut pandang penulis.

Ciri-ciri Otobiografi
1.      Riwayat hidupnya sendiri
2.      Menulis pengalaman yang dilewatinya.

Contoh Otobiografi : Tentang Diriku dan Pengalamanku














Tidak ada komentar:

Posting Komentar